Ini Harapan Pemkab Purwakarta di Peringatan HAS 2019

Cidahu.com – Peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) yang jatuh setiap 1 Desember, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta bersama Komisi Penanggulangan Aids (KPA) dan Yayasan Resik menyelenggarakan kegiatan Senam Sehat Bersama.

Kegiatan tersebut sekaligus untuk berkampanye guna menumbuhkan kesadaran terhadap bahaya AIDS disebabkan oleh penyebaran virus HIV.

Peringatan Hari Aids Sedunia kali ini mengusung tema “Saya Berani Saya Sehat, Bersama Masyarakat Meraih Sukses” dilaksanakan di Taman Surawisesa, Kelurahan Nagri Tengah, Purwakarta, Minggu (8/12/2019).

Editors’ picks

    Menurut Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta, Iyus Permana, Pemkab Purwakarta menargetkan tidak ada lagi kasus kematian karena AIDS pada 2030.

    “Three Zero harus digapai tahun 2030. Yakni tidak ada lagi temuan kasus baru (Zero New HIV Infection), tidak ada lagi orang meninggal karena AIDS (Zero AIDS Related Death), dan tidak ada lagi stigma negatif terhadap orang dengan HIV AIDS/ODHA (Zero Stigma and Discrimination),” ujar Iyus.

    Sekda juga mengungkapkan bahwa selama ini, pihaknya berupaya terus untuk selalu menyosialisasikan pemeriksaan. Untuk sementara pihaknya berani menyimpulkan turunnya angka penderita dibanding tahun lalu karena penularan sudah mulai menurun.

    Dia menyebut selama beberapa tahun ini, sudah berupaya maksimal agar bisa memutuskan tali penularan itu.

    “Harapan kedepan sih ya tidak kita temukan. Itupun tidak ditemukan karena memang tidak ada,” katanya.

    Selain itu, Iyus juga mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama mencegah dan menghindari penyebaran virus HIV/AIDS.

    “Kami mengajak untuk meningkatkan kesadaran, kepedulian dan keterlibatan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS untuk mewujudkan bebas AIDS 2030,” ujarnya

    Terlihat, selain senam bersama, masyarakat yang hadir juga melakukan pemeriksaan kesehatan gratis, seperti tes HIV, IMS, gula darah, serta membagikan bunga dan pita merah kepada orang-orang yang ada di kegiatan tersebut. (Red)

    Topic:

    Just For You